Pengalam Pribadi Tentang Pelayanan Publik



Nama               : Arsandi Arsad
N I M                : S2115019
Mata Kuliah       : Manajemen Pelayanan Publik
Jurusan           : Ilmu Pemerintahan
Konsentrasi      : Manajemen Pemerintahan Daerah
Dosen               : Dr. Djafar Ibrahim, M.Si

Pengalaman Pribadi Meneganai Pelayanan Publik
(Pembuatan KTP)

Penilaian masyarakat mengenai suatu produk dan jasa atau pelayanan sangat beragam. Ada yang berpendapat bagus, cukup, lumayan, buruk, bahkan sampai berpendapat sangat jelek dan tidak memuaskan. Itu semua tentu tergantung dari segi mana orang menilai dan pelayanan dalam hal apa yang dimaksud. Berbeda obyek dan tempat pasti berbeda penilaiannya. Bahkan penilaian orang pun dapat berbeda meski masing-masing menilai hal yang sama. Hal tersebut juga terjadi dalam penilaian masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah, baik dalam lingkup negara maupun daerah, saya akan menceritakan pengalaman saya dalam hal pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah yang sudah baik dan cukup memuaskan menurut saya.
Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan identitas dari setiap warga Negara Indonesia yang wajib/harus dimiliki oleh setiap warga Negara Indonesia, sebagai warga Negara yang baik sayapun harus memiliki kartu tersebut. Pada tahun 2013 saya membuat KTP Provinsi Gorontalo di Dinas Pencatatan Sipil Kota Gorontalo, pelayanan yang diberikan oleh karyawan Dinas Pencatatan Sipil Kota Gorontalo sangat efektif dan rapi, hal tersebut membuat saya tidak merasa bingung dan mudah berkomunikasi dengan para karyawan. Walaupun banyak para warga masyarakat yang mengantri untuk mebuat KTP maupun KK ataupun hal lainnya, para karyawan Dinas Pencatatan Sipil Kota Gorontalo dengan ramah memberikan pelayanan terbaik agar warga tidak merasa gelisah.
Hal tersebut membuktikan bahwa pelayanan yang diberikaan oleh para karyawan Dinas Pencatatan Sipil Kota Gorontalo sangat baik dan berhasil memanfaatkan Manajemen Pelyananan Publik secara sempurna.
Dari pengalaman saya tersebut, menurut saya pelayanan yang dilakukan Pemerintah tidak selalu buruk. Namun bukan berarti kinerja aparatur Pemerintah tidak harus ditingkatkan. Masih banyak hal terutama pelayanan-pelayanan tertentu yang sistemnya masih kurang baik dan para birokrat yang kinerjanya masih dinilai buruk oleh masyarakat. Cerita diatas hanya satu dari contoh nyata pelayanan Pemerintah yang sudah baik. Dan semoga pelayanan dan birokrasi di negara ini dapat semakin baik demi kemajuan bangsa dan negara. Terima kasih.



1 komentar: