Nama :
Arsandi Arsad
N I M :
S2115019
Mata Kuliah : Manajemen Pelayanan Publik
Jurusan :
Ilmu Pemerintahan
Konsentrasi : Manajemen Pemerintahan Daerah
Dosen :
Dr. Djafar Ibrahim, M.Si
Pengalaman
Pribadi Meneganai Pelayanan Publik
(Pembuatan KTP)
Penilaian masyarakat mengenai suatu
produk dan jasa atau pelayanan sangat beragam. Ada yang berpendapat bagus,
cukup, lumayan, buruk, bahkan sampai berpendapat sangat jelek dan tidak memuaskan.
Itu semua tentu tergantung dari segi mana orang menilai dan pelayanan dalam hal
apa yang dimaksud. Berbeda obyek dan tempat pasti berbeda penilaiannya. Bahkan
penilaian orang pun dapat berbeda meski masing-masing menilai hal yang sama. Hal
tersebut juga terjadi dalam penilaian masyarakat atas pelayanan publik yang
dilakukan oleh Pemerintah, baik dalam lingkup negara maupun daerah, saya akan
menceritakan pengalaman saya dalam hal pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah
yang sudah baik dan cukup memuaskan menurut saya.
Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan
identitas dari setiap warga Negara Indonesia yang wajib/harus dimiliki oleh
setiap warga Negara Indonesia, sebagai warga Negara yang baik sayapun harus
memiliki kartu tersebut. Pada tahun 2013 saya membuat KTP Provinsi Gorontalo di
Dinas Pencatatan Sipil Kota Gorontalo, pelayanan yang diberikan oleh karyawan
Dinas Pencatatan Sipil Kota Gorontalo sangat efektif dan rapi, hal tersebut
membuat saya tidak merasa bingung dan mudah berkomunikasi dengan para karyawan.
Walaupun banyak para warga masyarakat yang mengantri untuk mebuat KTP maupun KK
ataupun hal lainnya, para karyawan Dinas Pencatatan Sipil Kota Gorontalo dengan
ramah memberikan pelayanan terbaik agar warga tidak merasa gelisah.
Hal tersebut membuktikan bahwa pelayanan
yang diberikaan oleh para karyawan Dinas Pencatatan Sipil Kota Gorontalo sangat
baik dan berhasil memanfaatkan Manajemen
Pelyananan Publik secara sempurna.
Dari pengalaman saya tersebut,
menurut saya pelayanan yang dilakukan Pemerintah tidak selalu buruk. Namun
bukan berarti kinerja aparatur Pemerintah tidak harus ditingkatkan. Masih
banyak hal terutama pelayanan-pelayanan tertentu yang sistemnya masih kurang
baik dan para birokrat yang kinerjanya masih dinilai buruk oleh masyarakat.
Cerita diatas hanya satu dari contoh nyata pelayanan Pemerintah yang sudah
baik. Dan semoga pelayanan dan birokrasi di negara ini dapat semakin baik demi
kemajuan bangsa dan negara. Terima kasih.
nice :)
BalasHapus